Ask Google

Custom Search

Don't JUDGE Me Too Soon, Even I know It's Fun To Do.

Written on 12/10/2008 09:37:00 PM by Indah Puspita Rani

Disclaimer : Curhat Inside

" Watch out dude, she may just want to play you "

" Indah? wah.. Itu kalo lo cuma mo senang2 aja pacarannya! "

" Indah? Yakin lo? "

They said, at my back.


Those are what I know. Gak tau kalo yang laen. 
Masih ada sih misalnya :
" Ah, masa' sama Indah sih, jadi kayak angel and devil gitu! "
Well, Hell yeah!! gw tau siapa yang devil siapa yang angel dehhhh... 

Oh ya masih ada lagi :
" Ihh.. kok cowok cakep gitu maunya sama Indah sih, udah item, jelek, kurus ceking, gak ada apa2nya gitu! "
Duhh.. makk jaman SD udah digituin gw. Padahal jaman SD gw belum pacaran dee.. Suerr!!
Eh apa SMA juga ada yang bilang begitu ya?

Dari kecil, gw udah bukan jadi anak kesayangan orang2 , kakak2 kelas, adek2 kelas dan sebagainya. Gw cuma anak kesayangan ayah ama ibu, thok!! 

Agak sedikit bawel, dan nakal. Uhmm.. mungkin bukan bawel ya, tapi cablak, kalo ngomong keras dan maunya enak sendiri.

SMA, tergabung dengan sebuah gank, halah bahasa gw!, sebenernya bukan gank2 amat, cuma kebetulan aja sering ngumpul, rame2, 11 orang pulak, mana cakep2 =P, dan sebagian besar CABLAK!, kakak2 kelas membenci kami dan mereka bilang kami itu GRUP METROPOLIS. Yaelah dikira sinetron kali yaa.. 

Beberapa guru benci sama gw, dia bilang : "Indah itu terlalu cuek!"
Bahkan waktu SMP, pernah ada guru yang jelas2 menunjuk muka gw dan bilang gw SOMBONG di hari pertama dia ngajar. Please lah buu.. baru HARI PERTAMA udah di bilang sombong. Believe me setelah dia menunjuk gw terang2an dan bilang gw sombong, hari2 berikutnya gw gak pernah senyum sama dia, ato apalah seperti hal2 yang seharusnya gw lakukan pada guru. Gw benci dan sakit hati banget! Apa salah gw sama dia?! Dan sampai suatu saat, dia tau siapa gw, kalo gw adalah adik dari Ilmansyah, anak murid dia juga, dia tau siapa keluarga gw dan sebagainya. Dia pun mulai menyapa gw. What??!! *&#@$$%^%%

Dan masih banyak lagi. 

Sayangnya, yang bilang kata2 diatas itu orangnya tidak terlalu dekat sama gw. 
In other words, They JUDGE Me!

Hell yeahh...!!

Mari bahas yang bagian atas2. 3 kalimat paling atas. 

Soalnya, untung masalah, gw dibilang sombong, mungkin karena gak gw sengaja, kadang gw kalo jalan suka mendongak, dan akhirnya dibilang sombong. 
Kalo dibilang, gw gak ada apa2 sama orang yang suka sama gw, dan kebetulan cakep, mungkin karena yaa gw emang gak cantik2 amat dibanding dia.
Kalo dibilang gw devil dia angel, yahh.. gw ngertilah.. gak perlu di bahas, mungkin gw emang devil di mata mereka, but at least gw jujurlah, gak munafik. Daripada make jilbab dan meng-claim diri sebagai 'Akhwat2-gitu-de', tapi kelakuan gak kalah centil ama yang lepas jilbab. Masih mending gw!

Jadi bahas yang 3 atas aja. 
Ini kejadian sudah sangat lama sekali. Tapi, percaya deh sama gw, kata2 itu stuck di otak gw, karena sampe sekrang gw gak habis pikir, bagaimana bisa mereka bisa meng-judge gw sejauh itu. Sejak gw denger itu, gw sering menilai diri gw sendiri. Berusaha tetap jujur ama orang dengan sifat2 gw, dan apa adanya. Tapi sampe sekarang gw masih gak nerka, kenapa gw cuma bisa buat orang2 yang mau main2?

Gw gak pernah terlibat any case of relationship dengan teman atau kerabat dari orang2 yg bilang itu.

Gw gak pernah pacaran sama orangnya.

Gw bahkan tidak terlalu dekat sama orangnya. 

Akhirnya gw berusaha keras, memperbaiki sikap, sambil mencari2 apa salah gw.
Tapi.. ya itu gak nemu2!

Sampai akhirnya gw malah memutuskan.

Try not to judge people too soon. 
Kita emang gak mungkin untuk tidak meng-judge orang. 
It's our hobby to judge people. 
Tapi paling tidak, mari kita pakai praduga tidak bersalah/jelek.

Karena sebenernya di JUDGE jelek, untuk orang secuek apa pun, tetep aja gak enak dan sakit hati! Dan gw ngerasa sendiri.

Sama kasusnya dengan cewek yang merokok.
Masih inget di kepala gw :
" Sekarang ien ngerokok, gak lama lagi udah bisa dipake!"
Damn, gw gak ngerokok karena lo!! Gw berhenti ngerokok karena lo. Dan disaat gw stress, gak ada orang yang bisa nenangin gw, ya gw lari ke rokok. Bukan berarti gw bisa dijual kalo gw sentuh rokok. *Tuhhh kann.. pasti yang baca pada nge-judge gw sekarang... -.- ... Padahal gw cuma perokok sosial dan event-dependent*

Mari dibahas.. Apa hubungan rokok dan cewek murahan?
Pernah dibahas dulu, kata mereka :
" Karena biasanya yang ngerokok itu cewek2 yang gak bener!"
=) Another judgement rite?

Dari jaman dahulu kala, sebenernya kaum cewek sudah mulai merokok. Malah di jaman 70an untuk cewek2 yang tinggal di Bandung, itu biasa sekali merokok. Di warung2 bakso, di tempat2 nongkrong, di kos2an temen, mereka biasa merokok. Jadi jangan heran, kalo ketemu sama ibu2 yang mudanya dijaman 70an itu, sampai sekarang masih aktif merokok. *Dan mudah2an sih gw udah berenti merokok disaat gw seumur mereka sekarang ;)* Lalu, apakah mereka itu cewek2 murahan? Nggak kan.

Sekarang, di Singapore, gak jarang gw ngeliat cewek2 yang ngerokok. Gak jarang juga gw melihat cewek yang berjilbab pun merokok. Lalu cewek2 yang pake baju kerja, pagi2  disekitar daerah perkantoran Raffles Place, ngerokok kadang2 tampangnya stress , dan keliataan enakkk banget pas ngerokok. Apa mereka cewek murahan?? Nggak kan?

Kesan cewek murahan mungkin dihadirkan dari TV2. Bahwa biasanya mami2 aka germo2, wanita2 tunasusila di kasih atribut rokok untuk membangun suasana. Hal inilah yang memicu asosiasi rokok dan cewek gak bener. Tapi coba buka mata lebar2, tau dari mana sih smua cewek yang ngerokok itu cewek yang gak bener?

Humm.. mungkin masalah rokok dan cewek gak bener, sedikit membuka masalah judgment mental yang seharusnya kita control.

Arrgghhh.... dan gw masih memikirkan 3 kalimat teratas itu.

Well, whatever! 
People, Please just DO NOT JUDGE OTHERS TOO SOON. 

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

9 Comments

  1. Fakhrur |

    nyantai aja lah ndah.. orang indo itu mayoritas emang tukang ngejudge.. judging other people is the easiest way to make us feel better about ourselves, the most convenient way to find that we're not the worst..

    coba liat koran apa yg paling laku? koran yg isinya kriminalitas..

    acara tivi apa yg paling laku? acara gosip

    judge we need...

     
  2. Sara Sherlini Febriajie |

    This comment has been removed by the author.

     
  3. Sara Sherlini Febriajie |

    " Sekarang ien ngerokok, gak lama lagi udah bisa dipake!"

    MANAAA SINIII YG NGOMOOOOONGGGGGGG!!!!! huhuhuhuhuhuhuh...... *emosi jiwa*

    btw ketawain aja lagi ndah klo ada org tukang ngejudge kayak gini.
    comment yg di atas gue ini bener sekali. huhuhu..

    mo tau gimana judgement paling konyol yg pernah gue alami dengan org indo?

    Lagi enak2 jalan di PIM sama suami, trs ngantri di depan sushi tei. OUT OF NOWHERE, ada seorang Ibu2 yang ngeliatin gue dari atas ampe bawah, starring at my huge babybump, trus ngelirik2 ke arah jari gue. Emang jari gue menggendut, cincinnya ga muat lagi jd tangan gue polos. Hahahahaha....
    Trus si Ibu2 itu ngeliatin gue dengan tatapan, you know.. ga usah gue jelasin lah. Haha.. Sutra lah yaaaa... xD

     
  4. melur |

    aduhhhhhhhhh. udah udaaaaaaaaah!
    ga tahan gue :'(
    pokoknya ya ndah, selama kita yakin apa yang kita lakuin ga melenceng dari hati nurani kita sendiri, ga usah deh terlalu mikirin kata2 orang lain....

    pengalaman pribadi nih *curcol*
    kalo misalnya gue terlalu dengerin kata orang lain, gw ga akan mungkin dapet pekerjaan impian gue saat ini....

    dan begitu masuk kerja, gue pun hidup di tengah2 lingkungan yang very2 "judge the person by its cover"..... you are what you wear! tapi itu semua insyaAllah gak akan ngerubah diri gue..... gw tetep akan memakai baju yg membuat diri gue nyaman..... yah begitulah, just be yourself!

    dan gue gak peduli ama orang2 yang komentarrrrrrrrrrr aja ttg gue pindah haluan... emang loe ngerasain sendiri apah!

    udah ah jadi emosi gini.... tapi gue ga setuju ama oom fahrur yang bilang "orang indo itu mayoritas emang tukang ngejudge" hehehehe... oom, peace oom... tapi kalimat itu udah mengarah ke "judgement" juga lho..... and remember, no matter how far you are, kamu tetap orang indo lho :)

    @cha2: hiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiih... kalo kamu bareng ama aku, itu ibu udah aku PELOTOTIN baliiiiiiiiiik dengan tatapan membunuh......

    haha
    peace and cheers

     
  5. melur |

    oh iya lupa mau nambahin lagi,gue rasa,"menilai" sesuatu udah kodrat manusia,tapi sayangnya, semakin lama itu menjadi semakin cepat dan dinamakan dengan "nge-JUDGE" itu tadi....seperti lapar itu 3x sehari, yang kayak gini2 menjadi "makanan jiwa" hih! jangan sampai deh jadi monster gitu.......

     
  6. Fakhrur |

    lur: loh kata siapa gue ga nge-judge.. seperti kata gue, kalo manusia itu 'memerlukan' judging other people.. thus, i judge those people who judges people like you and me..

    i don't want to be a hypocrite, i judge people naturally, but my common sense is always telling me not to, at least i'm trying not to.. i guess i got this nature from my surrounding since i was kid, which was in indonesia..

    so please tell me if all of you never judge other people? come on :p

     
  7. Indah Puspita Rani |

    haha..

    ya ya..

    gw juga selalu menge-judge orang..

    tapi kan not too soon..

    orang tuh suka lupa, paka azas praduga tak bersalah..

    trus kadang nge-judge suka kelwatann. kadang gak masuk di akal... dan.. jelekk banget..

    @cha & melur..
    itu.. yang butuh dipelototin sapa?? gw bantuinn.. hahaha.. :))

    di jkt banyakyang nyolot ya? kakak sepupu gw baru aja di tanya dengan pertanyaan sensitif : "hamil lagi ya?" padahal baru melahirkan,, yang artinya perutnya masih buncit.. >< btuh dipelototin tuh orang...

    gw siap membantu bagi yang butuh pelototan.. hihihihi..

     
  8. Sara Sherlini Febriajie |

    ndah gue liatttttt postnya yg lo komen itu. yg story behind the tummy itu kan. sumpah gue ngakak abis bacanya auhauhuahuahuahahua....

     
  9. Unknown |

    ga tau deh kalo ttg ien dan cowok2... abisan ga bergaul ama ien dan temen2 di ntu jadi ga bisa menilai...

    tapi ttg rokok, aku pribadi setuju untuk cewek sebaiknya ga ngerokok, untuk alasan apapun. mainly karena kesehatan sih.. dan kayaknya ada hal2 lain yang harusnya bisa menggantikan posisi si rokok untuk si cewek2... :)
    no offence ya cha, ien... emang rokok ga sehat siih, setuju kan?
    jadi dengan alasan yg sama, harusnya cowok juga ga ngerokok hehe..

    ttg sebelnya ien ama opini orang2, ya jadiin masukan aja.. kalo emang ga bener, ya cuekin... tapi kalo ada benernya, usahain digunakan untuk memperbaiki diri....

    kesannya menggurui ga? emang itu maksudnya hihihihi... *peace*

     

Post a Comment