Ask Google

Custom Search

Antara Agama dan Cinta.

Written on 7/21/2008 01:38:00 AM by Indah Puspita Rani

Dimulai dari gosip menggosip dengan seorang sahabat gw, selama perjalanan pulang gw sedikit berpikir : 

" Orang yang nikah beda agama banyak juga ya?"

Iseng2 gw blogwalking di kawasan topik ini, satu blog yang menarik gw buat baca :
Nikah beda agama, untuk negara Indonesia jadi topik yang gak ada habisnya. 

Coba silahkan list, siapa saja pasangan yang berbeda agama, tapi menikah. Ada Glenn dan Dewi Sandra, ada Dewi Yull sama suaminya yang dulu (walau akhirnya suaminya pindah agama setelah menikah), ada Lidya Kandau, ada Dewi Hughes (well kalo bener Dewi gak pindah agama sebelum menikah dan masih beragama Islam), ada personel lingua yang sampai sekrang belum juga direstui orang tua, ada juga Yuni Sara dan masih banyak lagi. Itu baru artis, belum lagi orang disekitar gw, di PUSRI gw tau satu pasangan yang beda agama, ada juga beberapa pasangan yang pas pacarannya beda agama, tapi akhirnya menikah dibawah naungan satu agama. Di luar itu ada juga beberapa orang yang gw denger orang tuanya beda agama. Dan gw yakin gak sedikit yang gak sampe ke telinga. Itu baru di Indonesia. Di luar negeri? Gw gak tau sensusnya, tapi gw yakin banyak.

Hal ini selalu jadi kontraversi di indonesia, alasannya : undang2 di Indonesia melarang pernikahan beda agama. Walaupun sebenernya di negara2 lain, seperti Singapore, US, tidak melarang pernikahan beda agama.

Menganai alasan dilarang. Di Islam sendiri, tidak 100% dilarang. Ada beberapa ulama berkeyakinan, seorang lelaki muslim bisa menikahi wanita dari agama lain yang kitabnya diyakini oleh umat muslim, yaitu umat Nasrani dan Yahudi. Tapi setau gw hal ini masih diperdebatkan.  


Itu dari Islam. Lalu gw tanyalah sama temen gw yang kebetulan agamanya Kristen. 
"Cob, orang Kristen boleh nikah beda agama?"
"Lho bukannya semua agama gak boleh ya?"
"Oh ya? Kirain kalo Kristen boleh"
"Orang yang agamanya sama aja banyak masalah apalagi beda agama."
lalu dilanjutkan lagi sama Coby : "Jodoh itu pasti seagama." 


Kenapa Gak Boleh Nikah Beda Agama ya?

Menilik hasil dari produksi nikah beda agama. 
Ada yang jelek, ada yang bagus. Gw masih belum bisa bilang, kalo nikah beda agama itu akarnya dari pernikahan yang jelek. Dan yang agamanya sama akar dari pernikahan bagus. Kalo boleh pinjem istilah margie, gw masih melihat ada keluarga yang sakinah mawarddah warohmah di dalam kasih Tuhan Yesus. Jadi kalo dibilang, nikah beda agama hanya akan mendatangkan masalah, sebenernya gak juga ya. Pernikahan dalam satu agama, juga masih saja ada masalah. Jadi kesimpulan yang gw tarik, terlepas seagama atau tidak, dalam pernikahan masalah itu pasti ada. 

Ada yang bilang, anak hasil pernikahan beda agama kebanyakan gak bener. 
Well, gw gak tau sensusnya sih. Ada yang pernah cerita, anak yang masih remaja gitu stress ampe kayak orang hampir gila, gara2 dia bingung, harus pilih agama yang mana, agama bokap apa nyokap. Ada juga yang jadi agamanya gak bener, asal2an, solat gak pernah ke gereja sama aja. Ada juga yang mengarah atheist. Tapi ada juga yang baik2 aja. Ada yang menjalani hidup sama aja kayak orng lain, normal. Tapi yang sampe ke kuping gw emang, kejadian jeleknya lebih banyak sih. Tapi yang gw liat langsung malah anak baek2 dari pernikahan beda agama.

Lalu alasan Coby yang kedua : Jodoh itu pasti seagama? 
Ya itu gw belum ketemu. Tapi sampai titik ini, yang gw percaya, jodoh bisa siapa saja, bisa jadi dia Hindhu, Kristen, Orang hitam, Orang China, ato yang paling diharapkan oleh orang-tua2 kebanyakan; yang sama persis dengan kita baik agamanya ato rasnya. Jadi gw masih percaya jodoh itu bisa siapa saja. Karena kita bisa jatuh cinta dengan siapa saja, terlepas dari agama dan rasnya.


Sebenernya gw rasa, masalah yang paling berat itu saat sebelum menikah dan ingin menikah. 
Yap, masa pacaran. 

Kebanyakan orang yang pacaran yang sama beda agama, sudah ngejalanin pacaran itu sendiri untuk waktu yang cukup lama sampai akhirnya menikah. 
"Gw cinta orangnya bukan agamanya."

Alasan yang paling berat dalam masalah ini adalah keluarga. Yang namanya orang tua gw yakin gak bakal langsung menerima, kalo anaknya harus menikah beda agama. Rasa sayang dan berterimakasih tiada tara sama orang tualah yang akhirnya ngebuat kebanyakan pasangan beda agama mengubur mimpi2 menikah.
 "Mana bisa gw menikah tanpa persetujuan orang tua gw?" 
Tapi ya itu, siapa sih yang mau kehilangan orang yang masih disayang? Jadinya ya DILEMA.

Bagaimana pun juga, gw masih salut sama orang yang bisa menikah beda agama. Alasan gw salut, bukan karena mereka bisa hidup dengan 2 agama berbeda dalam satu rumah tangga ato hubungan percintaan. Tapi gimana cinta mereka bisa ngebuat mereka kuat untuk menghadapi masalah2 yang ada dalam perjalan mendapatkan surat nikah. It's not easy. Dimana lo bisa aja kehilangan keluarga dan juga kehidupan sosial yang mungkin saja berpandangan sinis. Dan untuk pasangan2 yang akhirnya bisa melewati itu, gw salut. Kalo buat gw sendiri, itu bukan keputusan gampang dan berat banget. 

Tapi satu hal yang buat gw bingung.
Kalo memang Allah yang melarang kita untuk menikah beda agama. Lalu kenapa kita bisa cinta ama orang beda agama? Ujiankah? Tapi yang gw tau dan gw yakin, cinta itu sendiri Allah yang ngasih. Dan satu hal lagi, saat pasangan beda agama bertemu dan saling suka, mereka dari awal agamanya sudah beda, tapi mereka masih saling suka dan sayang dan juga cinta, itu artinya mereka tidak peduli kalo orang yang dia suka itu agamanya beda kan? Karena kalo emang peduli, pastinya dari awal harusnya mereka tidak tertarik. Karena gw gak percaya Love at the First Sight, dan yang gw percaya cinta itu selalu menerima apa adanya, berarti sebenernya di dalam dirinya sendiri menerima dia menganut agama yang berbeda. 

Bisa dibilang, sebenernya di diri manusia sendiri mungkin sekali tumbuh rasa cinta antar 2 orang yang agamanya beda. Cinta ternyata gak milih agama ya? :p . 
Jadi kita gak bisa bilang, diantara 2 orang berbeda agama itu gak akan ada cinta, dan cinta itu hanya untuk pasangan yang agamanya sama. 

Tapi di dalam kehidupan ada batasan2 dan ketentuan2 yang diyakini oleh manusia, yang akhirnya menghentikan langkah percintaan beda agama. It's all about faith. And well, cinta itu sendiri juga faith. Jadi Antara Agama dan Cinta, 22nya sama2 faith. 

Gw gak berani bilang gw gak bakal menikah beda agama. Karena gw gak tau apa yang akan terjadi nanti. Tapi gw berusaha untuk menikah dengan orang yang seagama. Yah.. karena dengan begitu, gw gak akan menyakiti 2 pihak yang gw sayangin banget, lelaki itu dan keluarga. Dan pastinya gak nyakitin diri gw sendiri. 
Tapi ya itu, siapa sih yang bisa ngatur gw mo suka sama sapa?

Well, gw tidak menghujam orang2 yang menikah beda agama. Gw tidak menyalahkan mereka, tidak juga memebenarkan mereka. Kalo misalnya gw ada di posisi mereka, gw juga gak tau apa yang gw pilih. Agama dan Cinta, 22nya penting bagi gw.

Tapi yang pasti sih, gw gak mau pindah agama karena laki2. Gw hanya akan pindah agama kalo emang agama itu ada di hati gw. Dan selama gw masih mencintai Islam, gw gak kan ninggalin. Sudah 20 thun gw punya hubungan erat sama Islam, jadi gak gampang buat gw untuk ninggalin gitu aja *kayak pacaran aja sih :P*

Disaat kamu punya pacar beda agama, ada 3 pilihan ; 1. menikah beda agama , 2. yang cowok pindah ke agama cewek, 3. yang cewek pindah ke agama cowok.  
Dan kalo gw ada diposisi itu, hari ini tanggal 21 July, 3.13 AM, gw pilih no.1 (tapi sekali lagi kalo bisa mah gak usah milih yee). 

Disaat lo belum punya pacar; hindarilah pacaran beda agama. hehehe.. =P
Atau kamu akan mendengar hal2 seperti ini :
"Gw cinta sama lo, tapi gw lebih cinta sama Yesus"
"Jadi gimana? Kita putus ato ngomong (read:arguing) sama orang tua?"
"I like you, but I dont think that we can make it that far, so we need to end this up"
"Nyokap gw gak restu, kita berenti disini aja"
"Kalo kamu tetap menikah, silahkan tapi kamu bukan anak Bapak lagi."
"Langkahi mayat bapak dulu sebelum kamu menikah."
etc etc etc..
*hal2 itu pernah gw denger dari cerita2 temen ttg pernikahan beda agama*

Kedengarannya gampang, kalo sekrang lo bacanya tidak di posisi itu. Tapi kalo lo ada diposisi itu? I dont think that would be so easy, semudah lo ngejwabnya sekrang. 

Selagi bisa dihindari ya hindari. Sebelum cintanya tumbuh.


-lagi2 subuh2 bukannya belajar..-.-

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

6 Comments

  1. Anonymous |

    drpd susah memang lebih baik dihindari. apalagi kalo keluarga bukan tipe yg bisa menyetujui dipersatukannya perbedaan seperti itu.

    baik pasangan BERBEDA agama atau SAMA agama akan puyeng kalo keluarga gak merestui.

    jadi kayaknya yg terpenting adalah restu keluarga biar hati plong. kalo keluarga mendukung biasanya jalan akan lebih lapang. urusan selanjutnya utk yg beda, bisa nikah di luar indonesia.

     
  2. Unknown |

    well ien, gw ga nyangka obrolan gw dimasukin kesini.. wakakaka..

    nih ya..
    menurut gw nih, mungkin dulu belom sempet gw obrolin ama lo..

    coby berkata, "kita kan bukan cuma nikah sama anaknya aja, sama keluarganya juga.. yang terjadi adalah pernikahan 2 keluarga, pernikahan 2 kepercayaan.."

     
  3. Indah Puspita Rani |

    @ both of you above me.

    emang yee.. cinta jenis begini.. susah benerr dapet restu.. kagak ada harapannya.. tapi apa2 yang dirasakan sama pasangan bergama sejenis , smua pun dirasakan oleh pasngan bergama tidak sejenis.. apa ya kata yang tepat?? kasian? ato.. bersemangat? ato bodoh? anythinglah..

    yap..inilah salah stu kenyataan cinta gila.. :D

     
  4. Sara Sherlini Febriajie |

    gue link ya sayang..

     
  5. Indah Puspita Rani |

    yuukkkk.. gw juga ngelink ya cha..

     
  6. Unknown |

    pacaran beda agama,,,
    berat bow,,,apalagi kalo ujung2nya pisah,,,
    kayaknya gw lebih milih cari yg save2 aja,,,biar dapet restu ortu,,,=P

    @coby: gw stuju cob,,,nikah itu bukan sama orangnya doang,,,tapi sama keluarganya juga,,,=D

     

Post a Comment