Ask Google

Custom Search

Tidak Hanya Berteman, Golongan Darah kami pun SAMA.

Written on 7/18/2008 12:05:00 PM by Indah Puspita Rani



Beberapa hari yang lalu, gw dapet email dari milis SMA. Kebetulan judulnya 'forward', artinya gak penting. Setelah akhirnya ada juga waktu luang, gw bacalah email2 yang di judulnya 'forward' itu. Ternyata : MENARIK

Email itu tentang hubungan golongan darah dan karakteristik seseorang. Dengan kata lain, menurut email itu, golongan darah bisa mempengaruhi karakteristik seseorang. Well, karena di email itu tidak tercantum siapa dan bagaimana hal itu ditemukan, melalui sebuah researchkah? ato bersumber dari ahli psikologikah? Bisa saja ini hanya hoex. Gw sendiri gak terlalu tau. Cuma, kemasannya emang kocak banget, lucu, dan kalo buat gw pribadi sih: "haha iya ya kayaknya gw (bergolongan darah B) emang kayak gitu.

Tapi bukan itu saja yang menarik. Ada yang lebih menarik lagi.

Karena gw merasa nih email lucu juga, jadi gw forwardlah ke teman2 dan keluarga terdekat. Karena gw saat itu lagi males banget buat ngelist orang dari A sampe Z, jadi gw memang cuma kirim ke orang2 tertentu yang gampang ingetnya, halah susah banget istilahnya, yang deket2 aja : titik. 

Keluarga
Well, kalo keluarga kebetulan ayah golongan darahnya B dan ibu golongan darahnya O, alhasil kita smua bertiga (gw, kak ichan, dan kak adji/iman) golongan darahnya B. Kalo kita bertiga punya sifat yang sama atau mirip. Itu wajar, kita dibesarkan dengan cara yang kurang lebih sama, dan lingkugan yang hampir sama persis. [dari kita bertiga; TK, SD, SMP  kita sama, cuma SMA aja yang beda gw SMA 17, kak adji SMA 5 dan kak ichan SMA 1, kuliah : kak ichan ITB, kak adji UNPAD, gw NTU, intinya : we share tha same chilhood]. Nahh.. untuk kakak ipar gw, mbak Dian, golongan darahnya sama dengan si ibu, yaitu O. Kakak gw bisa dekat dengan mbak Dian, gw rasa karena golongan darahnya sama dengan si ibu, artinya kak ichan sudah terbiasa dengan sifat yang kurang lebih sama dengan ibu, yaitu sifat yang dipengaruhi dengan golongan darah O. 
 
Well.. Gw gak bisa cerita banyaklah disini, kalo sifat keluarga sama, dan kita dekat itu sangat wajar, eksistensi golongan darah sebagai pemicu kedekatan kita rasanya persentasinya lebih kecil, dibanding bonding kekeluargaanya itu sendiri. 

Teman2 Terdekat,
Diawali dengan balesan salah seorang teman tentang emailnya. Gw pikir, dia orangnya sedikit berbeda sama gw, well kalo personality sama2 beda sih, but guess what, golongan darah dia B. Yang menarik perhatian gw pertama kali adalah: "hah golongan darah lo B?", gw langsung gatel mo ngebahas personality dia [well..berdasar yang gw tau tentunya], melalui email itu menimbang2 golongan darah apa yang pas buat dia itu apa menurut email itu. 

Tapi sebelum email itu terkirim ke dia, datenglah temen gw : ECHA. Kita pun membahas email itu. Sebagai anak psikologi, tentunya gak salah kalo orang gw ajak bicara tentang personality itu dia. Gw dan echa, menurut gw personalitynya.. ya gitu sama2 beda. Mungkin cara berpikir kita beda, kadang2 juga echa memandang masalah lebih melow, dan echa lebih berimajinasi tinggi, tapi intinya kalo ngobrol dan bermain *halah* kita nyambung. Dari salah satu pembicaraan terdahulu kita tentang personality juga, echa bilang : "Menurut ilmu psikologi ; orang yang nge-share personality, alias yang sifatnya banyak yang sama, bakal lebih gampang untuk dekat dan lebih nyambung." Nah.. Echa, salah satu sahabat gw ini golongan darahnya B. Dan tentunya kalo ngomong kita suka lupa waktu, in another word NYAMBUNG.

Lalu gatellah tangan gw untuk sms ke temen2 gw yang lain, lalu mencoba untuk mengelist apa2 saja golongan darah mereka. Apa bener kecurigaan gw, bahwa orang2 terdekat gw, kalo gak golongan darahnya B ya O.

Sahabat gw lainnya Dellia dan Dika; Della golongan darahnya B, Dika golongan darahnya O. Sama della tentunya gw lebih nyambung, secara kita udah setahun tinggal bareng dan tetap melanjutkan persahabatan kita walau udah gak tinggal seatap lagi. Dan dari kurang lebih 3tahun bersahabat sama della, gw ngerasa ada beberapa sifat yang kita punya sama. Sedangkan Dika, kadang gw suka curhat colongan juga sama dia, dan kalo ngobrol kita nyambung. 

Temen kecil gw Ninis. Yahh kalo Ninis mah gak usah ditanya lagi, pastinya NYAMBUNG banget. Kalo sifat? Apalagi! Ampe banyak yang bilang kita udah kayak kakak adek aja. Penasaran pagi2 gw  tanya golongan darah dia, jawabannya : B. Satu hal yang menarik lagi, golongan darah cowoknya sekarang , B juga. :D . Apakah ninis merasa lebih gampang dekat dengan cowoknya yang sekarang karena golongan darahnya sama?


Ehm, lalu gw mulai menjalar ke tipe sahabat gw yang lain, yaitu mantan. Ehm *batuk*.

Ada 3 kira2 yang menurut gw, kita kemaren gak cuma pacaran tapi juga bersahabat dan mereka adalah teman bermain yang enak, nyaman, dan kalo ngobrol nyambung. [padahal karena mereka masih contactable aja sih.. hahaha]

Si A, mantan gw SMA, nah ini pacaran gw paling lama, bisa dibilang SMA gw hampir habis waktunya sama ni orang. Baru saja gw SMS orangnya cuma mo nanya golongan darahya apaan? Golongan darahnya O. Si A, sifatnya memang sedikit berbeda sama gw, tapi tetep nyambung kalo ngobrol. Dia lebih ngemong dan kalo dibandingin tingkat ke-ambisiusan-nya, gw sedikit lebih gak tau diri. hehehe.. Ngobrol nyambung, kalo berantem jarang, tapi kemungkinan alasan lain yang menyebabkan kita jarang berantem adalah karena si A orang yang sangat pengalah. 

Lalu Si B, disini gw memanggilnya B, tapi golongan darahnya bukan B, tapi O. Kalo bicara sifat, gw rasa beda2 sama. Tingkat berantem cukup tinggi, tapi ya ujung2nya baekanlah ya. Tapi kebanyakan berantem2 itu terjadi karena perbedaan cara pandang dan kesaaman sifat, yaitu sama2 gak mau kalah. Lalu kalo ditilik lagi pacaran yang cukup lama, artinya kalo ngobrol kita consider nyambung.

Lalu yang terakhir si C. Humm.. mantan teman dekat yang satu ini, sifatnya sama2 beda. Berantem? Hampir gak pernah. Perbedaan pendapat pasti ada, dan cukup sering terjadi. Kalo ngobrol nyambung. Dia golongan darahnya B

Well.. itulah adalah orang2 terdekat gw, semakin dekat gw dengan orangnya, ternyata golongan darah kita sama. Hal yang kebetulan ini malah membuat gw berpikir. Apa benar kita akan lebih mudah nyambung dengan orang yang bergolongan sama? Tentunya bukan karena golongan darah sama lalu pasti gampang dekat. Tapi yang menghubungkannya adalah personality.

Satu Theory yang menurut gw cukup pasti di dunia psikologi [karena gw dapetnya dari anak psikologi], bahwa orang yang nge-share the same personality bakal lebih gampang untuk dekat. Lalu theory yang gak tau kepastiannya, adalah ada hubungan antara golongan darah dan personality seseorang. 

Sedangkan itu yang mengarahkan bahwa, seseorang yang bergolongan darah sama, akan lebih mudah untuk dekat dibanding dengan golongan darah yang berbeda, karena golongan darah itu sendiri mempengaruhi personality seseorang, dan orang yang memiliki personality yang sama akan lebih mudah untuk dekat. 

Jadi ada satu theory yang gak pasti. Duh.. gw berharap banget ada psychologist yang research masalah ini. Jadi semua theorynya nyambung. 


-hasil dari sebuah rasa penasaran dan kebetulan-

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment