Ask Google

Custom Search

Mencoba meng-List apa itu SUKSES.

Written on 7/11/2008 02:02:00 PM by Indah Puspita Rani

Beberapa bulan yang lalu gw beli buku, judulnya The Life Plan by Robert Ashton.


Cukup menarik.

Disaat itu, tepatnya 21 Juni 2008, gw lagi bingung.

Bingung karena, gw merasa gw harus berubah. Masalah sekian banyak, tapi gw tetep aja kayak gini, rasanya terlalu percuma Allah ngasih gw ujian, kalo gw gak grow up, alias gak tumbuh dalam artian mentalitas. Sampe sekrang gw masih bingung gw mo jadi apa. I think that's a yellow alert, I need to change.

Di depan bukunya, kira2 ditulis buku ini cocok untuk orang yang mau berubah.

Di buku ini juga di tulis, bahwa semua orang berubah kalo dia mau berubah. Dan setiap langkahnya manusia itu berubah disadari atau tidak. Tapi apakah kita bisa mengatur agar perubahan2 itu merupakan perubahan positif yang akhirnya memperbaiki diri kita.

Well, honestly gw gak baca smua buku ini. Karena dari sekian step yang dia kasih, belum relevan sama kehidupan gw, misalnya memperbaiki hubungan dengan anak dan sebagainya, rasanya gw baca pun tidak terlalu masuk ke hati, dan gw biarkan saja disitu supaya nanti tiba saatnya yang tepat bakal gw baca.

Bagian awal dari buku ini cukup menarik. Karena perubahan2 yang manusia akan lakukan tentunya karena mo jadi sukses kan?

Ada 10 macem dari Success :
  1. Material Success , It's all about money, do you have car? or can you afford a holiday? or jewellery?

  2. Emotional Success, ya ya ya, relationships always be top 3, if you talk about future or success. Tapi selain itu juga, apakah seseorang punya self esteem ato mereka merasa content dengan kehidupan yang mereka miliki sekrang?

  3. Intellectual Success, It's all about learning, understanding and challenging. Tidak hanya tentang kuliah ato sekolah saja, tapi juga ilmu2 yang didapet di dunia kerja ato diluar sekolah.

  4. Spiritual Success. Manusia yang success paling tidak dia mempunya rasa sense of purpose, sense of belonging, and also reason atas semua yang dia lakukan.

  5. Physical Success. Kalo lo kaya, banyak duit, pinter tapi penyakitan, you need to change. Perbaiki gaya hidup, karena success juga perlu Health, Fitness, Vitality and Appearance.

  6. Commercial Success. Enterprise, Growth, Profit, and also Reputation.

  7. Evangelical Success. Influencing others and promoting your ideas.

  8. Environmental Success. Do you feel home, when u're at your home? Garden? Care about Global warming or other 'save the planet' stuffs?

  9. Time Success. Longevity and Time management.

  10. Collective Success. The product of effective teamwork.

Setelah gw mencoba menilik ke 10 macem diatas, gw bisa ambil kesimpulan gw belum sukses. Masih jauh dari yang namanya sukses. Yah.. ga pa pa sih, I'm still 19, it's long journey to go. Keliatan banget kan dari list yang diatas, gw gak bisa ngomong apa2 setelah sampe ke no6 dan seterusanya. Hehehe.. Kesimpulan untuk sampai hari ini; Gw masih Kurang Modal buat jadi Sukses. Gw baru bsia mengatakan diri gw sukses, paling tidak setelah dari 10 macem diatas gw bisa dapet 70%nya. Dan untuk saat ini.. Not even 50%. -.-

Tapi coba kita list lagi. Mungkin di list yang lain kita beruntung. ;]

What is success about?

  • Money. As long as you have enough money, more won't make you happier. Kita gak bisa hidup kalo gak ada uang, tapi menurut gw terlalu kaya pun hanya menambah beban hidup. Manusia emang dilahirkan untuk serakah, tapi kita kan punya hati dan otak supaya beda ama binatang. So far, walau uang yang gw dapet masih dari orang-tua2 juga, gw merasa cukup dengan pemberian mereka. Ahh mudah2an suatu saat bisa gw bales. ;]

  • Love. Ah ya ya ya bener kan.. Lagi2.. Cinta. Selalu masuk top3. Without love life can seem empty. Gw rasa ini ada hubungannya sama sendiri. Rasanya sesukses apapun lo, kalo lo sendiri gak ada temen berbagi, tetep aja hidup lo jadi kosong. Well, relationship story gw SUCKS, mungkin untuk hal cinta gw harus hati2. Tapi cinta gak melulu pasangan hidup kan. Selagi belum punya pacar, ya cinta bisa ke sahabat ato keluarga.

  • Health. Yah.. sama lah kayak yang diatas. Kalo lo penyakitan percuma.

  • Comfort. Perasaan warm di rumah. Merasa makan yang cukup. Dan beristirahat yang cukup.

  • Learning. Manusia itu dikasih otak biar belajar. Dari setiap tanda2 keberadaan Tuhan, kita disuruh berpikir, bisa di cek di Alquran deh. hihihi sok agamis gini gw. Anyway, Rasanya terlalu munak untuk seseorang yang gak pernah belajar bilang dirinya sukses. Orang yang sukses menurut gw yang selalu bisa belajar dari semua apa yang dia alami.

  • Fun. Percuma lo sukses kalo gak bisa menikmati hidup. Hidup memang all about goals. Bukan berarti juga lo jadi budak obsesi lo sendiri kan? You need time to have fun. Bukan berarti sepanjang hidup lo harus have fun, tapi keberhasilan yang lo capai bakal sia2 aja kalo lo sendiri gak Fun di dunia ini. Allah udah bikin dunia semeriah ini masa' iya kita cuma bisa tenggelam dalam obsesi hidup.

  • Giving. We need to help others. Entah ada apa disaat kita memberi orang. Menurut gw satu2nya kehilangan yang menyenangkan adalah disaat lo kehilangan barang ato apapun disaat lo memberi dengan ikhlas. Hum.. apa hubungan dengan sukses? Bayangin ada bungan mawar wangi di tumpukan sampah? tetep busuk kan? Lo tetep tidak berhasil jika masih belum bisa mengangkat orang2 dibawah lo. Berilah sesuatu yang lo bisa jangkau. Mungkin gak signifikan perubahan yang lo dapet, tapi keberhasilan itu sendiri bakal terasa lebih saat lo memberi.

  • Medals. Penghargaan. Sertifikat. etc etc etc

  • Change. Lo berhasil? Langkah awalnya tentunya disaat lo mau berubah, disaat lo terbuka dengan perubahan. Tentunya perubahan2 yang positif.

  • Things. Yahh.. berhubungan dengan uang juga sih. Mobil? Perhiasan? Ahh.. at least barang2 yang lo mau dan menunjang kehidupan lo aja sih.


Kita tidak akan pernah merasa puas.

Menurut gw pikiran binal bak binatang seperti itu gak ada salahnya asal kita control aja.

We need to change for God sake. ;] ya ya ya at least diri gw sendiri.

Ternyata gw masih jauh sekali dari yang namanya sukses.

Tapi apakah artinya gw tidak bahagia? Tidak. Gw bahagia. Menurut gw lo sukses kalo lo bahagia, walau bahagia belum tentu artinya sukses. Dengan kata lain, sukses ada kalo lo bahagia.

Nah..Bagi gw, kita bahagia kalo.. kita bisa menghargai apa yang kita punya sekarang, tanpa mengurangi rasa semangat untuk dapet yang lebih lagi di masa yang akan datang.

Di buku ini ditulis. You want to change to be better? What you need to do is, list up the plan, write it down, and do the plans.

Kalo perlu, lo tulis perubahan2 apa yang terjadi di lo dari waktu ke waktu, bisa tanya ke temen2 terdekat, ato lo pikir2 sendiri juga bisa. Dengan menyadari perubahan2 di diri lo, ini bisa menambah semangat lo untuk berubah.

Guys, sebenernya gw berubah apa aja sih? Mungkin lo lebih tau kali ya dari gw? Pengen banget tau, sejauh mana gw berubah. Drop me message ya... :]

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment