Ask Google

Custom Search

My Day is started on 4th of September.

Written on 8/07/2008 10:51:00 PM by Indah Puspita Rani

[Topik ini sebenernya udah pernah gw tulis, tapi buat konsumsi pribadi aja. Gw nulisnya pas banget 4th August 2008. Eh isinya beda sih.]


Sebulan lagi, gw ulang tahun.


Kalo ditanya, hari apa yang penting buat lo?

Dari Tahun baru, Tanggal masuk sekolah, tanggal jadian, tanggal dapet, dan lain sebagainya..

I will just straightly choose MY BIRTHDAY.


Mungkin awalnya karena gw cewek. Dimana bagi cewek2 itu Ultah ke 17, lalu ulang tahun ke 21 adalah angka2 yang cukup penting.


Well bukan itu yang gw maksd, walau gw juga pernah ngelewatin itu, dimana gw excited banget mo ulang tahun ke 17,, err 16 maksd gw, soalnya 17an tahun di NTU sama temen2 baru, dan rasa kejingkrangannya udah berkurang.


Gw merasa, sebagai manusia, harusnya tiap tahun kita punya minimal sehari sebagai titik balik.

Kalo mo dibilang "gw punya tiap hari", yah emang paling bagus sih gitu, tapi gak usah munak deh.. jarang sekali ada orang *khususnya anak muda* yang bisa tiap hari instropeksi diri, dari segala apa2 aja yang udah dia lakuin di hari itu setiap hari, sibuk gilaak. Lagipula perubahan2 yang terjadi setiap harinya di jaman begini kurang lebih sama, tidak banyak yang bisa diresapin perubahan2nya.


Daripada tahun baru, 1 January, gw lebih memilih 4 September, Ulang tahun gw, untuk hari instropeksi. Alasannya cukup gampang, karena gw lahir di tanggal 4 September bukan 1 January.


Di hari ulang tahun biasanya sih gw mikir, udah ngpain aja di belakang, dan mo ngapain ke depan. 1 Hal yang paling-tidak bisa kita ambil hikmahnya di hari ulangtahun, adalah kehadiran teman2 dan keluarga.


Dulu di rumah, ibu kadang2 suka gak sengaja ada aja kue blackforest ato kue coklat laennya di kulkas.
 "Ada apa nih?" 
"Katanya mo ada kue.. ;] "
And I just Smile.


Ato hal2 kecil lainnya, yang cukup chilidish *well I was a child back then*.

"Ayah kok gak nyelamatin ien ulang tahun sih?"

"Ayah tuh mo ngucapinnya pas jam 11.45 , kan kamu lahirnya jam segitu."

Gak penting sebenernya..


Pernah juga pas gw ulang tahun, gw dirumah, tapi waktu itu ibu umroh. Dan jujur aja gw sebel, gw ulang tahun, kok malah jalan2 sih, gak pake ngajak2 lagi. Tapi ternyata si ibu bela2in nelp pagi2, cuma mo ngucapin "Hei.. anak Ibu ulangtahun! ". Ahh.. gw ngerasa seneng banget dapet perhatian kecil2 gitu. Gw jarang banget dapet kado dari mereka, *ngasih jarang juga sih*, tapi ucapan2nya dari mereka itu, beeuhhh...senengnya bukan maen. Gw sering banget ngitung.. 1 2 3 4, minimal dari keluar gw itu udah penuh banget buat gw.


Jujur aja, gw berpendapat, gw harusnya seneng di hari ulang tahun. Give a liltle break on your birthday, itu menurut gw. Tapi bukan berarti tiap ulang tahun gw selalu seneng.


Yang gw inget, 3 kali gw ulang tahun sedih, well paling gak ada masalah aja saat itu dan akhirnya turn out jadi gak seneng di hari ulang tahun.


13 thun ==> gw berantem, sama orang yang gw sayang banget.

18 thun ==> dimana gw gak bisa ngelakuin apa yang gw suka.

19 thun ==> gk ada kue coklat, padahal udah minta =P, dan gw capek banget. *gak sih ada masalah personal aja*


Tapi kalo dirata2in dari 19 kali gw ulang tahun, gw tetep bisa bilang, gw seneng pas gw ulang tahun.


Gw selalu merasa berbeda di hari ulang tahun gw. Gw merasa beda karena di hari itu officially umur gw nambah, tapi makin deket ama mati juga sih. The point is : Biasanya gw lebih bersemangat di hari itu.


Well, gw orang yang selalu penasaran dengan apa yang terjadi nanti. Gw orang yang punya banyak mimpi dan rencana. Dan di hari ulang tahun itulah, gw menghitung rahmat yang gw dapet. Di hari ini juga gw menimbang2, apa2 saja yang gw mau tahun kemaren dan akhirnya udah gw dapetin. Begitu juga yang belum. Biasanya juga, gw mengingat2 kejadian2 apa aja ya yang terjadi di tahun ini. Yang bagus, Yang jelek ampe yang lucu. Dan biasanya gw lakukan itu di malem hari, ato pagi2 saat gw bangun.


Gw selalu ingin membahagiakan orang di hari ulang tahunnya. Khususnya temen2 deket gw. Minimal kasih2 kata2 manis, dan bertingkah manis hehehe. Sebenernya gw tidak dianugerahi ingatan kuat akan tanggal2 ulang tahun orang2 terdekat gw, but thanks to FS and Facebook, yang hobi banget ingetin gw ulang tahun orang2 itu. =P


Ini gw pelajari dari nyokap gw, kalo menyenangkan orang di hari ulang tahun itu penting.

Dulu pas gw masih satu rumah sama nyokap. Kalo dia ulang tahun, gw langsung bertingkah manis. Awalnya gw merasa biasa.. wajar kan kalo anak harus inget ulang tahun nyokap. Ya tho?!


Tapi pernah waktu gw masih SD gw kasih dia kado, untuk pertama dan so far masih terakhir, hihihihi, kadonya gak banget deh, gw belinya di warung waktu gitu, beli buku tulis *waktu itu masih 500an perak* ama pena PILOT. Gw tarok di atas tempat tidur, jadi pas dia bangun, langsung keliatan deh kado dari gw. Tuing!!

Gw sih cuek2 asem aja, soalnya itu kado gw kasih soalnya kata bu guru, kalo orang ulang tahun itu dikasih kado, gak harus mahal, yang penting niatnya, katanya itu tanda sayang.

Beberapa tahun kemudian, gw udah rada gedean, gw lagi nyari2 barang di kamar nyokap gw. Trus.. Pas gw buka2 laci di kamar ibu. Gw ngeliat barang yang gak asing buat gw. Kado gw, masih ada disitu, udah dibuka. Rapi banget dia nyimpennya. Dan gw cuma bisa terdiem aja disitu. Ibu tau gak ya? gw ngasih kadonya karena bu guru yang bilang. Kalo dia tau, dia bakal kecewa gak ya?


Gw tau, dia seneng banget dapet kado dari gw. Dia selalu senang kalo pagi2 di hari ulang tahun dia, gw panggil dia yang lagi nyiram bunga, trus gw peluk, padahal biasanya gw lagi telat mo berangkat ke sekolah. Badannya masih bau biasanya, tapi tetep aja gw peluk, tapi teteeuuppp "Entar malem makan dimana Bu?".

Sebulan lagi gw ulang tahun. 
Jujur aja 4 September 2007 - 4 Agustus 2008, periode dimana gw disuruh mikir. 
Ditahun ini gw akhirnya jatuh cinta, sama orang yang gak boleh gw sentuh sebenernya. Setelah sekian lama gw menganggap diri gw tidak akan lagi jatuh cinta. hmm.. Sakitnya sama kayak yang pertama. Tapi entah kenapa setelah ini gw gak takut lagi untuk memulai yang baru.
Ditahun ini gw ketemu lelaki yang, katanya cinta, tapi ternyata apa yang dilakukan tak lebih nyakitin. Dari situ gw belajar, bahwa cinta tidak melulu berbuat baik.
Ditahun ini gw diperkenalkan dunia kerja, dan membuat gw berpikir tentang masa depan. 
Ditahun ini gw akhirnya mulai berdiri sendiri, setelah sekian lama selalu ada orang yang memapah jalan gw. 
Ditahun ini gw melihat kakak gw akhirnya mempersiapkan diri menlanjutkan orang tua gw. 
Ditahun ini gw melihat kakak gw yang satu lagi akhirnya mulai menata kembali masa depannya. Dan mudah2an lancar dan berhasil.
Ditahun ini..... well.. banyak lagi yang ada di pikiran gw.

Yang paling penting, ditahun ini gw paling banyak belajar tentang diri gw sendiri. 
Banyak banget kekurangan yang harus gw minimize, dan kelebihan yang kurang gw explore. 
Misalnya.. confidence gw yang swingnya kurang ajar tinggi, ada suatu saat gw terlalu pede dengan diri gw, tapi suatu titik gw bakal hilang confidence. Lalu cara menghadapi STRESS gw yang masih sucks. 

I just wanna be better, year after year, dan gw menerima rapot itu di setiap hari ulang tahun gw. 

Untuk tahun ini, target gw, by 4th of September 2008, gw harus bisa nyelesein masalah2 gw beberapa bulan terakhir ini. 

Dan tahun ini harus jadi tahun terakhir gw ulang tahun sebagai anak kuliahan. ;]
You know what I mean.

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

3 Comments

  1. Ntom |

    Met Ultah....

     
  2. Indah Puspita Rani |

    =) makasih..

     
  3. Fanny |

    lah blm kan ndah?

    *cek kalender*

    masih bulan agustus, hohoho.

     

Post a Comment