Ask Google

Custom Search

Alaahhh... Masih 20 Tahun juga!! Mo Nikah 21 lo?!

Written on 9/13/2008 01:21:00 PM by Indah Puspita Rani


" Gw lagi deket sama si Siti nih, bingung gw!"
" Ciee.. Kenapa bingung? Lanjutin ajalah, suka kan?"
" Gw haram buat Si Siti, Siti haram buat gw, nama gw aja Christian!"
" Alahh.. masih 20 thun juga, ntar kalo udah 24 baru deh di putusin, yah minimal diomongin baek2lah.. "

Harusnya masih ato udah 20 tahun sih?

Gw masih suka bingung, seberapa tuakah tua itu? 
Gw jadi inget kemaren gw berdebat dengan temen2 HRM gw, tentang 30 tahun itu tua ato muda?

22nya berhubungan dengan masalah hubungan. 

20 tahun mungkin bisa dibilang udah tua untuk pacaran, tapi terlalu muda untuk menikah.
30 tahun itu... cukup tua untuk pacaran, tapi masih oke, dan masih muda untuk menikah. 
Well itu sih hasil dari perdebatan mengenai umur di meeting HRM. 
Di Singapore, 30 tahun mah masih terhitung muda untuk masalah nikah menikah. Banyak orang baru memikirkan menikah, ya pas umur 30 tahun. Wajar sih, cowok2 aja baru pada lulus umur 24-25 tahun.

Gw juga pernah terjebak chatting masalah beginian sama temen gw. 
Gak terlalu serius, 90% maen2 malah =P
*Disclaimer: Ini cuma omongan orang iseng doank, jadi ngasal2 gitu, sama sekali gak serius. Tapi yang mo gw liatin disini, bagaimana cara orang berpikirnya, maslah umur yang masih ato udah 20.*

.....
A : "Duh.. gw pengen pacaran, jablay nihh.. "
B : "Alah.. lo kan HOT masa' sih gak ada yang mau.. "
A : " Tau nih.. udah obral masih gak ada juga yang deketin."
B : " Coba didiskon 50%, mau kali ien.. =P"
B : " Udahlah gak usah pacaran serius, BARU JUGA 20 tahun! "
A : "Oh cari yang cuma untuk ngelepas ke-jablay-an ya... HTS donkk!! asik asik asik "
A : " Tapi.. disini mah Muslim dikit, adanya juga kristen2 gitu, dari kemaren2 aja kecengan gw kristen mulu cobaa.. baru juga kecengan... ntar ujung2nya ditinggalin deh gw..  Susah juga man, cowok banyak disni, tapi pasar gw dikit. hihihi"
B : "Kristen juga gak papa lah.. masih 20 ini.. Asal hati2 aja, jangan ampe ntar lo tau2 ngundang gw ke acara baptisan lo aja.. ! haha.. "
A : " Eh 20 tahun itu, masih muda ya?.."
B : " Iyalah, emang lo mo nikah umur berapa? 21?"
A : " Gila ajaaaa.. kagaklah.. gw nikah paling cepet 24, tapi mungkin 27 kali ya.. "
B : " Karir dulu ya ien?"
A : " Iyalah.. susah2 gw kuliah di NTU masa' iya gw tinggalin gitu aja, gw masih mo bayar utang trus 'pengen'nya sih sekolah lagi juga."
B : " Cari pacar dululah sebelum kuliah, ntar gak ada yang mau =P. Anyway, 27 thun ke 20 thun itu ada 7  tahun ien. Dalam 7 tahun kemaren lo udah berapa kali pacaran coba?"
A : " Hahahahaha... banyak sih!" 
B : " Masih banyak waktu kan..?!! Kenapa nggak? " 
.....

20 tahun
Kalo diliat angka sih masih muda banget. 
Tapi sayangnya kenyataan bahwa di umur 20 tahun ini, gw udah di tahun keempat, dan insya Allah lulus tahun depan. Gw rasa hal itulah yang membuat umur 20 tahun menjadi cukup tua untuk pacaran. Dan seharusnya sudah memikirkan menikah. 

Pacaran dan Menikah, jelas berbeda, bahkan dalam pencariannya. 
Untuk masalah menikah, kita gak bisa sekedar mencari orang yang pas sama kita. Tapi juga faktor2 yang lain yang mendukung. Misalnya, agamanya, keluarganya, latar belakangnya, kerjaannya, dan lain2. Gw gak akan aneh kalo ada pasangan yang gak jadi punya hubungan karena perbedaan kerjaan. Misalnya, yang satu pegawai kantoran yang satu artis. Mereka bisa saja kandas ditengah jalan hanya karena latar belakang pekerjaan yang kontrast. Ato masalah lain, gaji misalnya, yang cewek kebetulan jauh melesat tinggi diatas yang cowok, masalah ini mau gak mau bakal merusak hubungan mereka, apalagi kalo mereka gak kuat.

Lain dengan pacaran. Gak butuh paragraf panjang buat ngejelasin faktor2 apa aja yang dibutuhin. Asalkan pas, cocok, dan nyaman. Dan.. O iya satu lagi, saling suka. That's all. Sayang, Cinta bisa tumbuh sendiri dengan subur, karena pas pacaran mana ada pikiran, dia anak siapa, kerjaannya apa, dan lain sebagainya. 

Tapi.. Disaat kita pacaran, lalu akhirnya sayang banget, masalah2 yang dihadapi orang di fase pecarian pasangan menikah, bisa dilewati begitu saja. Gak peduli, cowoknya kerja apa. Gak peduli gajinya berapa. UDAH CINTA!!

Susah juga ya.. 
Perlukah gw was was di umur segini belum punya pacar? *pacar untuk dinikahi tentunya*
Tapi.. kalo gw punya pacar dan nyuruh nunggu; 
"eh tunggu gw y, nikahnya 4 tahun lagi paling cepet, tapi kayaknya 7 tahun lagi de.. "

Ahh.. bego ah..

One thing for sure :
Many things can happen in one month, apalagi bertahun2. 

Seorang temen gw, dalam waktu 1 bulan, dia udah bisa jatuh cinta lagi dengan orang lain. 
Apa yang bisa gw janjikan dalam waktu 4 tahun? apalagi 7 tahun?

Apa gw harus ganti cara pikir gw? 
Seharusnya gw gak cari pendamping di pelaminan dulu. Toh, gw gak bisa janjiin apa2 untuk waktu yang lama. 
FYI, I should  marry my ex in Oct 2010, which is one year to go. 
Tapi ternyata? kenyataannya semuanya kandas, bahkan dia gak sempet ngomong sama orang tua gw. And it hurts so much, dimana rencana lo harus gagal, dan lo harus bikin plan yang baru, SENDIRI. Gw belajar bahwa, gak ada yang bisa menjanjikan apa yang akan terjadi nanti. Kita cuma bisa nge-plan dan nge-plan. Bikin planA juga planB. 

Mungkin sekrang gw harus cari pacar, bukan calon pendamping. 
Sedikit lebih terbuka pastinya, karena mengurangi faktor2 yang lain, seperti pekerjaan, keluarga dan lain2. Yang gw yakin kalo lo gak cinta ama orangnya, bakal jadi beban banget buat toleransi. Dari pada susah2 mencintai pekerjaannya dan keluarganya dluan, mending tutup mata dulu sama 2 hal itu, trus mencoba mencintai orangnya. 

Kalo ternyata gak pas, ya coba lagi.

Cinta kan kayak bikin brownies; bikin, gagal, coba lagi, gagal lagi, coba lagi, trusss... ampe dapet resep yang paling pas. 
[Pelem banget..] 

Well,,
Keputusan gw sekrang masih :
SEKOLAH DULU!! 
I don' t think I have such a time to.. you know.. 'start dating'. 
But I am looking.... a long the way.. hahaha.. teteuuuppp... 
Jangan sampai ada lelaki tampan yang terlewat dari godaan mata. ;]
 

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

8 Comments

  1. Anonymous |

    hahaha...
    tenang aja...mestinya dapet lah...

    sambil kuliah..sambil cari..
    sambil menyelam...kencing...

    btw, aku juga sering ngomongin hal kayak gini ma pacarku. tp ujung2nya lebih ke arah bercanda...

    soalnya jujur ya...aku masih 20 tahun dan masih blur kalo suruh mikirin hal2 semacam marriage gitu.hahaha...

    mungkin setelah lulus kuliah...kita baru mulai ada dorongan dan "paksaan" untuk mikirin pernikahan...jadi ya ga usah terburu2....

    jangan terlalu target waktu..kapan...

    tapi mending nargeting kualitasnya...gimana dan dengan siapa....

    haha...

    eniwei....mau bikin start-up company yg menjual jasa "dating" nih...sepertinya itu bisa apply Blue Ocean Strategy deh...

     
  2. Irsan |

    Serius in? 2010... pasti sama ex yang kemaren ya?

    Ya.. tenang aja in.. 20 tahun itu menurut kk masih muda klo menurut kk. Kk aja belum ngomong2in nikah waktu umur 20 tahun. Tahun 2002 mah kk masih sibuk sekolah.. masih tingkat 3 kuliah (beda sama iin yang hampir lulus).

    Jadi Iin masih banyak waktu untuk sekolah dan karir sampai nantinya Iin memutuskan untuk menikah. Karena nanti sudah nikah, mau sekolah atau karir tidak akan semaksimal waktu kita single.

    Klo kata mbak Dian, klo kamu masih single, kamu masih bisa jalan2 ke eropa tanpa mikirin suami atau anak. Klo sudah bekeluarga, kamu ngga bisa egois mikirin diri sendiri.

    Tapi ya.. sekalian sekolah/karir, ya curi-curi pandang lah cari calon pendamping pria yang cocok. Tapi inget.. harus seiman dan sayang juga sama orang tua dan keluarga Iin. Inget, nikah itu bukan menyatukan dua orang aja... tapi dua keluarga besar.

    Salam dari kk, mbak Dian, dan Bagas.

     
  3. Unknown |

    ati2 in, jangan skrg nyari pacar asal2an trus terlanjur cinta padahal ga mungkin diterusin ke pernikahan...

    btw kalo dah ketemu jodoh, umur 21 juga bisa nikah.... jangan saklek musti minimal 24.. itu kan rencana kita, takdirnya gimana kita kan ga tau...

    mudah2an yg terbaik buat Indah..

     
  4. Reza |

    Hey there,

    Jangan buru buru mau nikah!

    liat liat aja dulu kanan kiri, cicip sana sini, trust me. I'm not saying that married life is awful. Tapi buat orang yang percaya institusi pernikahan, banyak(banget)yang jadi ga bisa elu kerjain setelah married ;p limited options in the physical act of love...among other things ;) hehehe

    eh btw salam kenal, VERY nice blog, a bit comical but too witty not to notice :) keep it up!

     
  5. Indah Puspita Rani |

    @yosafat..

    amin dapet.. kita kan diciptakan untuk berpasang2an.. hihihi. :P * di alkitab juga ada kan.. di alquran juga ada tuh.. *

    masalahnya yos. menargetkan gimana dan dengan siapa.. susah jugaa.. lah.. bahasnya sama sapa..? tentunya bakal berbeda.. dengan masing2 cowok..


    @ kk..
    hu uh. ama yang itu tuhh... tapi gak jadi.. malah merevise kembali.. arti dari merit.. :p makanya jadinya mundurnya lumayan banyak.. =P =P =P

    salam balik buat irsan lil family... ;) ;)

    @ ka dea..
    Aminnn.. mudah2an yang terbaik..
    iya sih kak.. kalo umur 22 udah ada ya. bagus.. apalagi kalo finacially udah mantep gitu kan yaa.. hahaha. tapi lagi2.. gak terlalu serius mikirin dulu.. masih banyk yang laen harus dikejar.. ;)

    @Reza..
    your blog is also cool...
    :)

    thanks yaa.. udah mampir..

    eniwei.. hu uh.. denger2 dari orang yang lebih gede juga gitu.. merit itu gak segampang beli kacang.. kalo kata ibu sih.. cowok itu absolutely berubah.. dari pacaran trus nikah.. nah.. perubahannya itu.. belum tentu kita bisa hadapin.. hihihi.. jadi takut kan.. takut merit ah.. belajar2 dulu.. *belajar merit gimana ya? *

     
  6. Unknown |

    in, menurut pengalaman pribadi, cowok setelah nikah justru lebih responsible... eh tapi tergantung cowoknya denk... jadi kuncinya, nyari suami di mana, ketemu di mana? coba cari sumber yg terpercaya dan kriteria yg musti lebih strict...
    skrg ga usah mikir nikah dulu... tapi kalo ada yg ngajak pacaran, ga berarti ga pikir panjang yaa..

     
  7. Fakhrur |

    kyknya gue baru mulai ngebahas kawin kalo dah lewat setahun sm pacar.. tp ada aja orang yg cm pacaran 4-6 bulan dah nikah aja..

    ada temen gue cewe, stgh bule memang, umurnya dah 34-35 blom kepikiran nikah jg.. tp sepupu gue ada yg umur 19 udah punya bayi..

    nasib orang emang beda2, that what's make life interesting ;)

    *numpang lewat ya

     
  8. Indah Puspita Rani |

    ngomong2 yang 4 bulan nikah..

    itu sering banget diomongin ama nyokap gw..

    baru 4 bulan udah nikah ajaa... kecepetannn...

    tapi hasilnya kayaknya baik2 aja yaa.. :p


    jadi sebenernya mo nikah kapan aja harusnya gak masalah sih..

    cuma buat gw pribadi. kayaknya kayak lo juga de fakhrur,, minimal setahun baru ngomongin merit.. lalu setahun persiapan.. jadinya 2 thun..

    tapi ini gw yang 20 tahun ngomong begitu.. bisa jadi beda.. kalo umur gw udah 29 ato 30.. :)

     

Post a Comment