Ask Google

Custom Search

I am virtually rich.

Written on 9/11/2008 08:18:00 PM by Indah Puspita Rani

Beberapa waktu yang lalu, Dika ngajakin gw untuk ke so called briefing dari suatu challange.
Namanya : POEMS STOCKS CHALLANGE.

No need to explain further for sure, ini challange beli2an stocks.

Waktu itu acaranya di LT 25, sebelum puasa gw ingetnya, pas banget dengan Union day. Tanggal berapa ya? lupa gw.

Anyway, yang pasti gw cukup tertarik sama acara ini, padahal jujur gw gak gitu ngeh pas dika bilang; "ada talk tentang beli stocks!!". Tadinya gw pikir paling2 tentang investment dan segala macem. Dan 'nothing to lose'-lah nambahin ilmu malah, menyadari kekurangan sebagai anak engineering yang bermimpi masuk ke Big Financial Company, kaya Merrill Lynch, JP Morgan dan seterusnya dan seterusnya, perlu banyak ilmu di daerah ini. [demi karir boo..]

Ternyata gw salah!! Itu acara briefing buat lomba.
Lebih jelasnya bisa diliat di POEMS website.

Dari acara itu, TERNYATA mo maen stocks prinsipnya gampang.
Lo beli stocks,tunggu tu stocks naek harganya, kalo lo pikir itu sudah puncaknya, jual!! Profit yang lo dapet? Ya gampang, Uang dari Stocks yang lo jual dikurangin dari harga stocks yang lo beli, eitss.. jangan lupa dikali berapa volume pas lo beli, gak bisa dikit2, paling gak 1000. Jadi kalo changenya lumayan +0.020 misalnya, trus lo beli volume minimum, 0.020 x 1000 = 20 dolar. Gampang kan??

Yah jangan seneng dulu sih. Sayangnya, yang namanya dunia stocks2 begini, perubahannya cepet banget. Suatu hari lo bisa dapet change +0.020, gw pikir itu change bakal nambah plus lagi, berencana jualnya besok, siapa sangka pas besoknya pengen gw jual, udah jadi -0.015. Yah rugilah kalo dijual.

Makanya dunia investment per-stocks-an ini ada ilmunya juga. Sayangnya gak kayak matematika yang ilmu pasti, walaupun ada itung2annya, still unperdictable.

Guru accounting gw, Prof Lee Tat Man, pernah bilang,"dari sekian cara ngitung perkiraan ini gak ada yang pasti, kalo pasti dari dulu saya udah kaya".
Well, jujur sekrang aja gw udah lupa cara ngitungnya gimana, tapi ada sih dibukunya.

Di acaranya itu sendiri, diajarin, gimana caranya mengira2 dari performance stocks itu sendiri. Pake Charts segala macem, sampe ngeliati pergerakannya, apalagi yak? Duh.. maap ya saya anak engineering pas dia ngejelasin gw cuma bisa cengok doank. Huhuhu..

Yang mo gw ceritain.
Ternyata maennya seruuu banget.
Lo dapet duit $100 000 buat beli2 stocks. Bayangin coba $100 000 banyak yaa?? Haha.. sayang sekali kalo untuk beli stocks2 begini, $100 000 kurang juga. Apalagi kalo mo beli stocks yang kuat, UOB ato SIA, yang harga persatuannya bisa belasan dolar.

Btw, SIA belakangan naek turun, tapi seringan turun, sedangkan UOB lagi naek nih.. :p

Tadinya pas trial game, gw cuma beli yang terkenal2. In another word, kuat *as an engineer-to-be think ;]*. Dan yang seperti gw bilang tadi, harganya mahal, duit $100 000 yang gw punya gk gitu kuat buat beli banyak.

Sampai akhirnya gw ngobrol, sama temen Singaporean gw, dia bilang karena lo cuma punya $100 000, no choice lo kudu beli yang murah, yang gw sendiri sebenernya gak tau itu stocks belongs to whom or which company.

Soalnya gini, sebagai pemula, gw gak bisa cuma bergantung dari satu macem stocks doank. Soalnya ya itu, gw gak tau yang kayak gimana sih yang kira2 bisa nguntungin, udah mantengin charts berjam2 *lebay* gw masih gak nangkep mana yang bisa meng'hasil'kan.

Sedangkan mo stocks yang harganya $14.850 ato pun yang harganya cuma $0.123, yang diliat kan change-nya. Perubahannya. Profitnya. Perubahan dari yang harganya $14.850 itu gak jauh beda sama yang $0.123, sama2 cuma +0.020 ato malah yang mahal itu turun sedangkan yang naek malah yang murah.

Temen gw bilang, kalo lo gak ngerti cara baca charts, baca berita aja! ato nonton tv, kan ada tuh. Bener banget sih. Pernah sekali *dan sekali2nya* gw nonton di berita TV, ttg stocks, dan akhirnya gw beli sesuai di berita itu, dan untung *tapi belum sempet dijual, mudah2an besok gak turun lagi..*!! [di berita2 kan suka ada analisisnya juga tuh, kadang malah recommendation (kalo di bloomberg ato di Phillip's securities ada)]
Sayang sekali belum sempat tereksekusi untuk mulai baca2 berita, ntar deh kalo ada waktu =P.

Ada yang cukup bikin gw kaget hari ini mengenai challengenya.

FYI dari trial game, gw kalah mampus!! Ruginya ampe 2000an dolar. Dan akhirnya gw terdampar di ranking 285.

Kemaren, tanggal 9 September 2008, gw baru masuk ke rank.
[Kita perlu trade minimal 10 kali melalui mobile platform supaya bisa masuk ranking.]
Trus, pas tanggal 10 September 2008, gw liat ranking gw ada di 285. Dari sekitar 400 orang.

Lalu pada hari ini, gw liat ranking gw jauh melesat ke rank 44.
Hihihihi.. kok bisa?
Gak ngerti!!

(klik gambarnya biar keliatan)




Gila juga ya, kalo menang bisa dapet duit ratusan hingga ribuan dolar nih. Ck ck ck..

Prizes

Rankings Individual

Champion

$1000

1st Runner Up

$800

2nd Runner Up

$600

3rd Runner Up

$300

4th Runner Up

$200

5th - 14th Runner Ups

$100


Gw pikir tadinya yang dapet hadiah ampe 100 besar, udah seneng aja ada kesempatan masuk. Ternyata cuma ampe 14. It's still a long way to go, dari 44 ke 14.

Ditambah lagi, kalo diliat dari portfolio gw, masih banyak yang merah. Sedangkan kalo ampe tanggal 17 Oct 2008, belum pada di jual, bakal di forced sell. Wahh bakal rugilah gw...
Nampaknya mimpi masuk ke 14 besar cukup berat juga.


However, the game is FUN!!

Kapan lagi lo berasa kaya.

Yes I am rich.
I mean virtually rich. ;]

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

No Comment

Post a Comment