Ask Google

Custom Search

HTS -> S is stand for both STATUS and SAYANG

Written on 9/28/2008 06:15:00 PM by Indah Puspita Rani



Dimulai dari  pembicaraan gw dengan Benaga ama Cumi (Laurent)  yang sangat menghabiskan waktu, tapi gak terasa. *Ya gimana yaa.. kira2 dari jam 11.30 malem ampe jam 5an pagi*

Dengan pertanyaan yang ringan, 
"Eh ien, kalo lo deket ama cowok kayak gimana sih?"

"Kalo gw? Wah.. kalo cuma untuk deket sebagai temen pastinya beda ama kalo deketnya karena gw suka. Kalo gw suka, gw bakal mau pegangan tangan, di cium pipi, bla bla bla.. kalo gw cuma suka temenan ama tu cowok, ya udah gak ada pegang2an tangan, dan lain sebagainya."

"Eh, tapi ada lho cewek yang pegang2an tangan, TAPI DIA GAK SUKA."

"Oh iya banyak... Banyak tuh cewek yang manja2 gimanaaaa gituu.. tapi pas diajakin pacaran, gak mau.. alasannya gak suka, cuma mo temenan aja."


Yah.. Mungkin Benaga salah tanya orang kali ya, butuh orang yang lebih wanita dibanding gw. Menurut kebiasaan gw, dari awal biasanya gw udah ada rasa2, kalo gw kayaknya ada percikan2-yang-gimana2-gitu sikap gw bakal beda LEBIH CEWEK *tapi tetep kok aslinya gw yang gw keluarin tapi naluri cewek gw lebih keluar, misalnya lebih pengen dimanja, lebih ada rasa butuh dan lain sebagainya*, kalo gw sama sekali gak ada percikan2 yang gimana2 gitu *halah bahasa gw* ya gw bakal lebih cuek dan tidak ada rasa2 ingin dimanja, bersikap lebih independen dan yah lebih TEMAN/SAHABAT. Tapi esensi sahabat tentunya tetap ada, misalnya gak pengen temen kita susah, selalu pengen temen seneng, dan lain lain. Dan setelah gw pikir2, sikap2 itu semua bukan 100% gw yang ngatur, karena emang keluar sendiri.


Jadi mungkin emang bener, tiap cewek beda2. Mungkin gw tipe A yang kayak gini, ada juga tipe B yang sukanya mengumbar harapan ke laki2, ada juga tipe C yang malah menutup diri karena dia suka.


Well.. back to topic.
Dari sana pembicaraan kian berlanjut kemana2 sampe ke Soeharto segala lagi, tapi akhirnya balik lagi ke masalah hubungan percintaan. 
Sampai akhirnya gw mendapati bahwa laki2 itu lebih nyaman dengan HTS.


Hal ini nyambung banget dengan laki2 lain yang pernah dekat dalam hidup gw. 
Masih lekat di memori gw, waktu masa2 awal gw deket sama Culprit, dia pernah bilang "Kenapa gak mau HTS aja sih? Kan enak bisa deket ama cowok, jalan dan lain sebagainya.. bebas" *kira2 gitulah ya.. lupa gw*
Jawaban gw simply ; "HTS itu yang enak di cowoknya doank, di ceweknya sakit" 
Saat itu, honestly speaking I just said what I've heard. 


Gw pernah HTS waktu SMP.
Yaelah.. anak SMP masalah hubungan bisa apa sih. hihihi
Ya kenapa gw bilang HTS? 
Dia gak jelek *dulu*, dia baik dan dia..... ehm punya mobil yang bisa di bawa. *maaapppp.. gak lagi kok.. benerann, gw ngeasa jahat kalo inget2 begini ><*
Kita sering telponan. Sering ya sering hampir tiap hari. 
Dan isinya bukan NANYA PR *soalnya ada lagi temen cowok gw dulu telponan tiap hari, diskusi tentang PR,nahh itu bukan HTS, walaupun sama2 kebutuhan rohani ;) ;)!*
Pas telponan, yang dibicarakan banyak hal yang penting tapi gak penting, misalnya udah makan belum? Udah solat isya? kalo magrib? tadi subuh aku bangunin kamu bangun gak? besok pergi les jam berapa? Eh kamu sukanya warna apa sih? dan seterusnya dan seterusnya..

Lalu yang membuat gw makin yakin untuk bilang HTS *selain karena gak jadian*, kadang2 dia suka mampir ke rumah, lalu pernah suatu waktu kita jalan, ketemu ama temennya dia ngenalin gw, "Ini Indah, cewek gw!" .  
Tapi setelah perkenalan yang aneh itu, entah kenapa kita menjauh begitu saja, tiba2 jarang telpon2an, SMS jarang, apalagi bangunin untuk Solat Subuh. 


Rasanya?
Waktu SMP.. yah namanya juga masih SMP..
Gw seneng ada yang meratiin, ada yang menyanjung, ada yang nemenin jalan, punya mobil lagi. 
Tapi kalo ditanya perasaan? 
Gw gak sayang sama dia. Gw fun sama dia, ya FUN! 
Sorry to be mean, but I'm being honest here. 
Kalo saat2 tengah HTSan itu cowok itu punya cewek tiba2, gw yakin gw nggak apa apa. Buktinya saat tiba2 menjauh gw biasa aja, malah tetep bisa flirting2 dengan laki2 lain. 
Suatu saat lalu gw ketemu dia lagi, dia nyari gw di SMA gw, I just feel, "Ahh lo Apa kabar? Duh sorry ya gw lagi sibuk nih, talk to U later yaa.. " *then no contact at  all*.
Just like THAT!! Ya.. cuma gitu.

Terlintas di pikiran gw untuk wahh lama juga gak ketemu, mungkin kita bisa jalan lagi, tapi sayangnya saat itu gw lagi pedekate dengan seorang kakak kelas, yang akhirnya gak jadi juga sih karena sahabatnya yang kebetulan suka sama gw. *yeah.. that's how love work is*


Anyway, 
Itulah seharusnya HTS. 
Hubungan Tanpa Status yang juga artinya Hubungan Tanpa Sayang.

HTS itu sebenernya menyenangkan menurut gw.
Ya setelah gw ngobrol2 dan mengingat waktu SMP gw dulu. HTS itu fun, dan just nice.

Masuk2 ke Blue Ocean Strategy juga ;p, di bagian frameworknya. Meng-eliminate yang gak perlu seperti commitment yang mengikat, kewajiban menyiapkan waktu, dan meng-raise value-elements dari pacaran, ada disaat butuh temen ato dengan kata lain saat kesepian, teman cerita disaat down, dan lain2. 

Banyak cewek yang againts sama HTS. Alasannya karena hanya bakal nyakitin cewek. 
Dan sebagian laki2 againts alasannya, "Ga enak ah, gak bisa cipokan *aduh!!*" .


HTS gak bakal nyakitin kedua belah pihak, asalkan 22nya tau rulenya. And you need to stick on these rule. 

First rule of HTS is, Hubungan Tanpa Sayang. 
Lo harus siap, dan tidak ada perasaan sakit atau apa pun disaat pasangan HTS lo, menjauh ato ekstrimnya JADIAN sama orang laen.
Trus juga, kalo HTS gak ada yang namanya CEMBURU.




Harus ditanam bener2 di kepala para pelaku HTS, kalo pasangan itu memang akan selalu ada di saat butuh, tapi gak ada istilah 'dia itu punya gw'. Dalam HTS tidak ada kepemilikan. Kembali ke kalimat di atas, dalam HTS, masing2 harus siap kalo tiba2 salah satu ada yang jadian, atau menjauh.

Sebisa mungkin menahan rasa Kangen. Bukan berarti gak ada, tapi diminimalis aja. Ada satu kalimat dari temen gw yang bener juga kalo  dipikir2. 

"Kalo mo maen2 doank (HTS), nyarinya jangan yang jauh2 ien, soalnya kalo jauh nanti ada rasa kangen, kangen itu bisa nimbulin sayang, dan akhirnya semuanya kacau."

HTS akan selalu siap membantu disaat lo 'jablay', tapi ada baiknya menghindar dari memenuhi-kebutuhan-fisik dari pasangan. Well sebenernya ini tergantung kesepakatan. 
But for me, kiss means a lotIf I kiss you, means I am really deeply in love with you, and I will stop kissing you, when I aint love you anymore. Bagi gw kissing itu ultimate sekali, gw bisa tau gw sayang ato gak saat gw mencium seseorang, dan gw gak pernah bisa mecium laki2 yang gak gw sayang. 
Kita akan semakin sayang sama seseorang di saat kita tau kalo kita sayang. 
Jadi untuk menghindari sakit hati di kedua belah pihak, kalo mo HTS aja lebih baik jangan ciuman. 
*eitss.. ini ciuman yang menunjukkan kasih sayang aja yaa.. bukan passionate kiss!! Well gw tau banyak yang againts, tapi... ya gitu deh*

Banyak orang (mostly girl) yang merasa jadi korban dari HTS.
Kebanyakan cewek yang gak bisa menahan rasa sayang itu untuk keluar/timbul/muncul/whateverlah. 
Entah karena apa, gw merasa dan melihat, laki2 itu lebih gampang untuk membedakan kenyataan dan perasaan. Mereka bisa sekali untuk menahan rasa sayang, bisa aja gitu deket ama cewek tapi gak sayang. Bisa aja gitu flirting tapi gak sayang.

Kenapa ya, laki2 itu bisa mengeluarkan kata2 manis seolah2 dia deeply in love sama seorang perempuan, tapi sebenernya dia sangat bisa menahan rasa sayang itu gak muncul di hati dia
Sedangkan untuk perempuan agak2 susah, tiba2 aja dia udah tenggelam ama kata2  laki2, lalu jatuh cinta. Mungkin sudah saatnya cewek2 jaman sekarang belajar membedakan kenyataan dan perasaan. Kalo kenyataan sekrang lagi HTS, laki2 itu cuma mau ditemenin pas lagi butuh, dan pengen flirting2 mengisi kekosongan waktu, harusnya si cewek juga jaga2 perasaan, ikuti permainannya dan jangan sampe sayang. Tapi gw ngerti juga, bagi cewek perasaan itu penting, dan gak jarang perasaan jadi prioritas dalam mengambil keputusan.

Harusnya/Idealnya kalo semua tau peraturan2 permainan dalam HTS, 22nya aman, gak ada yang sakit hati dan kebutuhan 22nya terpenuhi. 
But you know, there's no such a thing called IDEAL in this life. =)

Terakhir gw HTS, gw failed di peraturan pertama. 
Tapi gw masih terus di dalam permainan, setiap kali gw sama2 culprit, one thing in my mind is:
 "GW HTS!! GW HTS DOANK!! HANYA HTS!! TOMORROW HE COULD BE WITH ANOTHER GIRL, YOU NEED TO PREPARE!!"
Namun kenyataannya gw terlalu menikmati hubungan itu, everything we did was just perfect as I like it to be. 
Tidak terlalu intense, tapi tetep tau perkembangan. 
Gak ada SMS2 yang isinya pertanyaan2 mengikat dan terkesan annoying, tapi perhatiaannya jalan. 
Kangennya ada, dan unfortunately, bagi gw ada sayangnya. Yang menimbulkan rasa butuh dan ingin terus bersama, sampai akhirnya terasa sakit banget pas pisah.

Tadinya gw pikir semuanya bakal aman2 saja, walaupun gw akuin gw sayang, tapi selalu gw tanemin di diri gw semenjak gw sadar 'gw sayang' kalo gw harus siap kalo tiba2 dia diambil. Tapi gw lupa untuk mempersiapkan diri kalo2 kita harus pisah, disaat dia masih suka gw, dan tidak ada wanita lain. *Yang ternyata lebih nyakitin, karena seperti yang pernah gw bilang penasaran itu gak enak! Tapi yay!! Udah selesai.. =)*

Tepat disaat dia bilang;
"Gw gak kan marah kalo lo punya cowok lain. Tapi jangan harap telpon lo gw angkat, SMS lo gw bales, dan email lo gw bales."
Dan di detik itulah, otak gw langsung berpikir. HTS gw udah gak bener. 
Masing2 sudah lupa sama peraturannya.

Tanpa gw sadari, hubungan gw itu bukan HTS, tapi PTS. 

PTS = Pacaran Tanpa Status.

Kita selayaknya orang pacaran, tapi gak ada tanggal jadian, cuma ada tanggal putus. 

Well, sangat menguntungkan buat laki2 yang bisa menahan perasaan, yang bisa membedakan perasaan dan kenyataan dengan mudahnya. 
Tapi di sisi lain, menguntungkan juga buat gw. Dari situ gw mulai belajar, gw harus bisa membedakan perasaan dan kenyataan *lagi, kayak dulu*. Seriously, gw melihat cewek suka lupa untuk membedakan perasaan dan kenyataan, padahal sebenernya itu tameng buat ngejaga perasaan cewek itu sendiri.

Kalo dalam HTS.
Disaat mereka mo berpisah, harusnya gak ada omong2an serius atau apalah.
Karena mereka mulai tanpa agreement, begitu juga dengan pisahnya. Pisah ya sudah gitu aja. Kalo kalian sudah merasa butuh untuk bicara saat ingin menghentikan HTS, periksa lagi, kalian jangan2 bukan HTS lagii..  


Bagi yang lagi HTS-an, nikmatin aja, tapi masing2 harus inget peraturan permainannya, biar gak sakit hati. 

HTS itu menyenangkan. =)
Lo dapet sesuai dengan apa yang lo butuh, just nice!

Tapi kalo PTS itu.. kata lain dari gagal HTS, apalagi kalo PTS itu ternyata jadinya PuTuS.

Gw jadi inget sama kata2 gw buat temen gw :
"Ya kalo emang gak bisa pacaran, ya udah HTS aja, tapi jangan sampe ada rasa sayang, kalo ga entar sakit hati."

Sekarang... siapa yang bisa ngatur untuk sayang sama siapa?

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

5 Comments

  1. Reza |

    oi Indah,

    Gua baca post elu berasa kaya back to the nineties waktu masi SMA dulu ;) gua ga bisa komen banyak nih...bukan departemen gua soalnya masalah cinta & sayang :p

    tapi yang soal 'kiss' tadi itu, very well described :) you make me wanna...huehehehe

     
  2. Indah Puspita Rani |

    hahaha


    sometimes 7 years apart means a lot yaa..

    ;) ;) ;)

    tapi jaman dulu udah ada kan yang begini2an..

    ngaku deee.. =P


    ahh.. about the kiss??

    what?? you wannaa... what??

    I know... showing ur love to ur wife rite? :p ;p

     
  3. Anonymous |

    Indaaaah... met lebaraaaan jugaaa :)

     
  4. melur |

    hehe menurutku kalo HTS pasti sooner or later dia harus milih, mo balik lagi jadi temen ato jadi pacaran... cepet ato lambat pasti gitu ;)
    cheers!

     
  5. Unknown |

    pacaran tanpa status..
    hmm..
    susah!

     

Post a Comment