Ask Google

Custom Search

Cita-cita dalam hidupmu

Written on 10/26/2007 02:18:00 PM by Indah Puspita Rani

Pertanyaan apa yang sering dipertanyakan ke anak kecil?



"Adek nanti kalo sudah besar mo jadi
apa?"



Jawabannya juga macem2 : Pilot , Polisi, Tentara, Guru, kayak Papa, kayak Mama, kayak Kakak, dan lain sebagainya. Mereka gak mikirin, berapa gajinya nanti, batapa banyak resikonya, atau apapun itu obstacle dari pekerjaan itu.

Bagaimana kalo pertanyaan ini ditanyakan sama orang yang udah gede?

Biasanya jawabannya terkesan lebih pasrah, dan money oriented, oh iya ada juga safety and leisure oriented.


Tapi gak jarang juga orang-orang yang masih idealis bersikukuh menggapai cita-cita yang diinginkan, walau bagaimanapun risiko yang harus dia hadapi, tentara misalnya.
"Direktur suatu perusahaan terkenal di usia 40 thun."
"Punya condo atau penthouse di saat umur masih muda."
"Bekerja di sebuah perusahaan minyak dengan gaji yang besar."
"Bekerja sebagai pengusaha kaya raya dengan omset berjuta2 rupiah perharinya."
"Seorang politikus yang gajinya puluhan juta perbulan."
"Menjadi seorang artis, yang satu episode saja bisa berjuta2 bayarannya."

Mungkin itu yang terdengar dari mulut orang dewasa saat ditanya cita-cita. For most of them it's all about money. Have we been driven by money? Maybe!

Anyway, even me sometimes think so. I'm just a human being anyway, can't live without money and leisure ;p.

==================================
Cerita tentang gw sendiri :
Jujur cita2 gw mungkin terkesan bodoh waktu kecil. Sigh.. I just realize it now =S. Tapi paling nggak lebih sedikit dari anak2 kecil biasanya yang suka ganti2. ;p

TK ==> Mo jadi artis, anak presiden, atau apapun yang bisa terkenal, hehehe =P

SD (1,2,3) ==> Mo jadi politikus atau diplomat, soalnya dulu ada ramalan sesuai shio dan tanggal lahir, dan hasilnya, gw paling cocok jadi politikus. *hihihi.. polos banget yak*

SD (4) ==> Mo jadi seorang mahasiswa ITB, jurusan kedokteran. *maruk mo jadi enginner tapi jadi dokter yang baik hati juga, soalnya pas kecil gw sering ketemu dokter2 jutek, dan akhirnya gw gak suka ama dokter, tapi bertekad merubah perdokteran indonesia. hahaha =D*

SD(5,6) ==> Di saat ini gw baru sadar, di ITB itu gak ada jurusan kedokteran. Kedokteran cuma ada di UI, tapi gw gak mau masuk UI, maunya ITB. Alhasil gw pilih jurusan Teknik Mesin, jurusannya bokap gw. Alasannya karena bokap gw suka cerita di jurusanny dia dulu jarang banget cewek, 1 banding 2 angkatan, hehehe dan gw langsung bermimpi jadi primadona disana. Di kelas 6 juga kakak gw keterima di ITB, dan gw melihat keluarga gw yang senang,, dan kakak gw yang lebih seneng lagi, dan secara gw selalu ingin mengikut jejak langkah dia, gw pun bertekad masuk ITB. Yak cita2 gw cuma kuliah disana, bkan menjadi engineer ato apapun, agak jarang terdengar dari anak SD bukan?

SMP (1,2,3) ==> masih melanjutkan cita2 dari SD, cuma jurusannya pun berubah, teknik elektro. Dikarenakan di saat itu, gw lagi kegandrungan HP, dan saat gw tanya ama kakak gw, kalo mo buat HP, kuliahnya dijurusan apa? Jurusan Elektro!

SMA (1,2,3) ==> masih sama dari SD.

Cukup persistent. Cita2 yang ga pernah berubah, dan tambah mendarah daging seiring berjalannya waktu.

Walau akhirnya gw gak kuliah di ITB, tapi di NTU, gw merasa gw masih di jalan cita2 gw. Saat itu gw memilih NTU daripada ITB, karena jaman gw mo masuk kuliah, gw menilai Indonesia agak gak stabil, pendidikan disana sudah mulai disentuh dengan money, and I decided to take the chance to study aboard. Lagian NTU punya ranking lebih baik dari ITB. Walau awalnya gw gak dapet jurusan yang gw pengen, *waktu itu cuma dapet engineering collage, gak dapet streaming langsung ke eee*, gw tetep terima, walaupun gw gak tau knapa gw bisa keterima, gw tetep ambil bodo amatlah gmana ceritanya gw keterima. Tapi tetep, gw rasa pilihan ini tetep sejalan sama cita2 gw. Dan gw seneng.. yay!!

Disaat kuliah gw sempet kehilangan jalan, gw gak punya cita2. *Ya iyalah, lha wong cita2 gw cuma sampe kuliah doank*
Sempet jga ngerasa salah jurusan, secara ngeliat nilai gw yang cacingan smua ~.~! .
Sempet pengen drop sekolah, karena baru kali ini nilai gw parah dodolnya. *padahal pas SMA udah parah,, di kuliah parah banget ~.~*

Tapi gw inget, gw bilng sama diri gw ndiri;

ini kan yang pilih lo sndiri, lo sendiri yang mutusin kesini. Lo sendiri yang mau!!
Segitu doank yang lo punya??! Cemen!! Cengeng!!

Ahh.. gw sendiri ngerasa gw phatetic banget saat itu.
Akhirnya bangkit lagi, BODO AMAT!!! Mo yang paling bego kek, paling cantik kek, paling kece kek, paling oke kek *silahkan ke kamar mandi... gw tunggu yaa..jangan gak balik lagi.. hahaha. =D* , gw akhirnya jalan teruss.. gak boleh setengah2, itu yang gw pikir saat itu. There's must be something after this all.
Ini kan cita2 lo dari bau amis *maklum sering maen di empang*. Lo mau ngejilat ludah yang sudah lo buang ke tanah? Nggak kan?? SO, jalanin..!! Do Your Best!! You won't be even better if you do another thing, which you don't really like.

Mencoba menyukai sesuatu dengan paksaan, karena sudah ada di depan mata lo, itu bukanlah sesuatu yang gampang.

Tapi melakukan sesuatu yang seberat mengangkat bulan di bumi, tapi lo cinta, hasilnya akan lebih baik, dan lo bakal lebih puas. It's all what you've done wholeheartedly, something that you really want. Even might be you're not the best of the world, but you know you got the strength to beat all the obstacle that block your way. You're strong enough,heh?

Satu hal yang bisa ngebuat lo tahan, cita-cita dan keinginan. Pasti ada saatnya kita dicoba, kita di uji, kita ditest, tapi jangan berenti!! Jangan nyerah!! Smuanya pasti ada jalan, jangan takut!!

Dan ceritanya masih berlanjut sekarang : Semoga gw bisa selsein cita2 gw yang satu ini, hingga gw bisa loncat ke cita2 gw yang berikutnya =) , Aminn!

================================

Lalu bagaimana dengan cita-cita setelah orang dewasa dan mengenal kejamnya dunia.

Pastinya mereka gak seidealis dulu, memilih cita-cita tanpa berpikir seberapa kekayaan yang akan didapatkan. Seberapa kemungkinannya untuk mempunyai sebuah penthouse di usia below 40, mungkin bakal masuk dalam pemikiran apa cita-citamu.


Ato mereka memilih gak ada cita-cita?
Dan pastinya jawaban mereka :

"Yahh. kalo saya sih jalanin aja mbak, apa yang bisa saya lakuin, dapet duit,
halal, anak2 bisa sekolah di luar negeri, rumah bisa 3, cukup mbak!"

Atau yang berpikir cita-cita itu untuk anak kecil. Kalau sudah dewasa, jalani saja hidup yang ada didepan mata, gak penting seberapa ingin kita melakukan pekerjaan tersebut.

Terus terang, hidup tanpa cita-cita, menurutku bukanlah suatu pilihan yang bagus.
Disaat kita takut, saat kita down, cita-citalah yang bisa membuat kita bangkit. Ingat apa cita-cita kita, dan sadar apa yang kita lakukan adalah bagian dari keinginan kita sendiri.

Usaha.. Usaha..Usaha.. gak ada habis2nya untuk mengejar apa yang kita inginkan.
Gak ada kata malas!! Smua untuk diri kita sendiri, dan orang yang sayang sama kita, orang yang cinta dan ngerti sama kita, orang yang tau betapa puasnya bila step-by-step naek pangkat makin dekat dengan cita-cita kita.

Cita-cita itu kayak perjalanan yang kita tuju.

Kita butuh panduan, sama kayak mo jalan2 kita butuh buku street directory yang harganya 2 dolar kalo dibeli di ticket service, nah kalo mo nuju cita-cita kita butuh senior atau orang yang lebih tau tentang tujuan kita kalo mo pergi ke tujuan kita sebagai panduan.

Kita perlu usaha, perlu keluar energi kadang air mata. Kadang kita harus jalan kaki capek memang, lambat lagi, tapi murah gak keluar duit banyak. Pake MRT lebih murah dan cepat, tapi bayarannya lebih mahal. Pake bis jalannya lebih muter2, tapi kita bayarnya lebih murah dari MRT, agak butuh waktu lebih lama, tapi bisa melihat dunia lebih luas, bisa belajar dari orang lebih banyak. Kalau malas kita bisa pakai taxi, tapi kepuasannya tidak seenak saat berusaha pake bis dan MRT, karena abis itu sakit hati karena bayarnya mahal banget ~.~! .

Ya!! Sama kalo kita ingin berpergian, kita harus pintar cari jalan, jalan yang bisa kita gapai, dan worthed. Kita juga harus cari jalan yang cepat, jangan ambil jalan terlalu memutar, yang menyebabkan kita membayar lebih mahal dari yang seharusnya kita bayar.

Bayangkan kalo kita berjalan gak ada tujuan.

Kita naek bis 179 dari NTU, trus ke bunle. Sampai di Bunle trus naek MRT, belum tau tujuannya kmana : "yahh.. kita ikutin aja!" , sampai akhirnya di jurong east ngeliat keramaian, "sepertinya enak!!", ikutan trun,lalu ke middle platform. Naek MRT jalur merah, dan lagi2.. gak ada arah tujuan. Selama perjalanan, melihat pemandangan sekitar, kita kegirangan, terlihat begitu bagusny bukit batok, ada condominium yg bersebelahan dengan sebuah mall, bukit gombak terlihat per-flat-an, di cck terlihat suatu mall yang terlihat besar dan terlihat begitu ramai dengan adanya LRT disana, dan terussss perjalanan berlanjut di jalur merah. Tak lama merasa bosan, setiap stasiun dituju dengan waktu yang lebih lama, 3-5 menit, pemandangan yang terlihat tdak seindah di awal perjalanan, lalu merasa takut, dan berhenti di bishan. Di Bishan terlihat begitu menyeramkan, gelap dan tidak megah. Langsung memutuskan kembali. Kembali ke jurong east, dengan perjalanan sekitar 1 jam yang terlupakan, takuT!! Ada apa lagi di depan nanti, lebih seram dari ini??! Kembali dan harus menggunakan jumlah waktu yang sama untuk ke jureast. kembali ke jalur hijau, lalu merasa ini jalan yang benar, senang melihat pemandangan yang lebih 'kota' , dengan setiap station digapai dengan waktu yang cukup singkat 2-3 menit. Tapi sapa yang mengira, ternyata setelah redhill, MRT tersebut masuk terowongan, kaget!. Perjalanan menjadi begitu gelap, tidak ada lagi pemandangan 'kota'. Semua hilang. Dan kita pun menyesal, smua terlihat gelap, tak ada sinar matahari, hanya ada sinar lampu. Di Tiong bahru pun akhirnya kita berhenti. Dan keluar dari station MRT, mencari taxi, dan bingung harus kemana, akhirnya terucap "NTU". Dan kembalilah kita ke titik awal, padahal waktu sudah terbuang banyak.

Jangan sampai kita membuang waktu. Perjalanan kita bukanlah seperti bisa dihentikan, kita berjalan diatas sebuat travelator yang tak bisa berhenti, ya travelator :waktu!. Waktu kita hidup itu fix! Jangan dibuang2!

State your goal now, cita-cita itu senjatamu.

Ketika kita jatuh dan jenuh, ingatlah ini hanya bagian dari perjalanan menuju tujuan yang kita impikan. Mungkin ada saatnya kita salah jalan dan harus kembali, tak apa, bayar saja dengan usaha lebih keras, mungkin kita bsa lari lebih cepat dan mengejar ketinggalan. Cita-cita yang kita inginkan sedang menunggu kita dsana.

Seberapa indah lokasi tujuan itu? Tidak ada yang tau! Semua tergantung usaha kita.

Jangan takut!
ketika ingin menangis akan selalu ada teman yang menemani.

Jangan takut!
Mati lampu itu cuma sebentar. Ntar lagi juga terang.

Sabar! Usaha! Berdoa!


-dedicated to myself-

If you enjoyed this post Subscribe to our feed

4 Comments

  1. Gita |

    nice article :)

    btw tau nggak cita2ku waktu TK apaan?

    Jadi Putri Indonesia!!!

    hahahaha...garing banget yak!

     
  2. Indah Puspita Rani |

    wakakakkaa...

    princess wannabe.. :P

    tapi kayaknya setiap cewek waktu kecilnya pngen jadi putri yaa?? :p gw juga sihh.. tapi penggennya jadi putri yang punya pangeran berkuda putihh.. >.< berwajah tampan.. gagah,, dan mukanya lovely.. ugghhh.. *mimpi*

     
  3. Anonymous |

    wah bow,,,
    lo nulis serius juga,,hehe

     
  4. Indah Puspita Rani |

    baru tau ya cha.. ;;)

    gw kan orang serius sebenernyaa.. cuma kalo lagi ketemu lo ajaa..=P

     

Post a Comment